28 Januari 2008

Rawon dengan empal gurih dari kediri

Rawon merupakan menu tradisional dari jawa timur, di kediri ada beberapa warung makan penyedia masakan khas jawa timur ini. namun bila Anda ingin mencobanya, siapkan saja bahn2 nya dan akan saya beritahu cara membuatnya.

Bahan:
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1 ruas jahe
5 butir kemiri
5 buah keluwek, dikeluarkan isinya
2 sdk makan margarin
1 ruas lengkuas
1 tangkai serai
2 lembar daun jeruk purut
300 gram daging sengkel, dipotong kotak kecil-kecil.

Empal Gurih, bahan:
500 gram daging has
3 siung bawang putih
1 skd teh ketumbar
1 ruas lengkuas
2 gelas santan kental

Cara Membuat:
1. Buat rawonnya lebih dahulu. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, ketumbar, dan gula merah. Terakhir masukkan keluek.

2. Cairkan margarin lalu tumis bumbu tadi hingga harum. Kemudian masukkan lengkuas, serai dan daun jeruk purut. Tambahkan dagingnya. Aduk sebentar lalu tuangkan 1 gelas air. Begitu seterusnya hingga daging empuk. Terakhir tuangkan 4 gelas air. Dan masak hingga mendidih.

3. Kini membuat Empal Gurih. Rebus daging selma 20 menit lalu potong potong kotak. Masukkan kembali dalam air rebusannya.

4. Haluskan bawang putih ketumbar dan lengkuas. Masukkan bumbu ini kedalam rebusan daging bersama santan. Rebus kembali daging di atas api kecil hingga matang.

5. Bila daging sudah dingin, goreng dalam minyak hingga kecoklatan

6. Sajikan rawon dengan tauge kecil segar, kerupuk udang dan empal gurih ini.

Disajikan untuk 8 porsi

3 komentar:

agung mengatakan...

saya orang kediri dan suka rawon ini asli cah kediri

Anonim mengatakan...

Tanggal 23 september 2009 perjalanan ngawi, caruban, nganjuk, kediri, tulungagung. Sekitar pukul 13 singgah di warung bathok yg berlokasi di kras dekat ngantru. Sebelum meninggakan kendaraan kami sudah memastikan bahwa mobil dalam keadaan terkunci.
Kamipun menikmati nasi bothok dan es degan dengan lahap. Selesai makan tidak ada rasa curiga karena semua pintu masih dalam keadaan terkunci dan tidak rusak. Setelah berjalan sekitar 4 km baru sadar kalau ada salah satu tas yg letaknya di depan hilang. Tas tersebut berisi laptop, modem gsm, 2 charge hp, kabel data, buku buku kompt yg di beli di solo, bbrp cd program, flashdisk dan mainan sikembar. Tas tersebut memang agak besar karena baru di beli di kudus.
Kami coba kembali ke warung tempat makan tadi, melihat kami kembali sepertinya ada yg ganjil diantara staf warung.
Barangkali memang harus seperti itu nasib yg dialami laptop bututku.
Aku coba untuk ikhlas...

miracle mengatakan...

AYO IKUTI....WORKSHOP IT NASIONAL " HACKER is ...... " minggu, 09 januari 2011 di GNI Kediri pukul 09.00-selesai..BURUAN DAFTAR.PESERTA TERBATAS...hub. 085645763838
selengkapnya :
http://lingkarpena.blogspot.com